Sekilas Tentang Facebook dan Asal - Usul Berdirinya

Siapa sih orang yang hidup di zaman sekarang yang tidak kenal dengan yang namanya Facebook, mulai dari anak-anak sampai dengan yang sudah unzur (orang tua) juga masih main Facebook. Apalagi di zaman sekarang ini, yang di mana internet sudah menjadi kebutuhan wajib bagi sebagian orang. Lalu sebenarnya apasih Facebook itu? Nah, berikut ini dia jawaban dari pertanyaan sobat yang bertanya apa itu Facebook?

Sekilas Tentang Facebook dan Asal - Usul Berdirinya


Facebook merupakan salah satu media social terbesar di dunia setelah twitter. Facebook sendiri di luncurkan pertama kali pada tahun 2004, dan berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat.
Pada tahun kemarin yaitu, lebih tepatnya September 2012, Facebook memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif yang di dominasi oleh pengguna dengan telepon genggam. Untuk bisa menikmati fasilitas dari Facebook seperti, mencari teman, membuat profil dan-lain-lain, harus lah terdaftar sebelum menggunakan fasilitas dari Facebook tersebut.

1. Tentang Layanan Facebook

Facebook sendiri merupakan social media yang bersifat pertemanan, namun pada beberapa tahun terakhir Facebook sudah memperbaharui lagi layanannya dengan menambahkan fitur follow yang di adobsi dari twitter.

2. Pendiri Facebook

Facebook sendiri di dirikan oleh seorang miliuner dunia yang masih mudah dan ganteng, yaitu Mark Zukerberg bersama teman-temannya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard yaitu, Eduardo Saverin, Adrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hunghes. Pada awalnya Facebook hanya di beruntukkan untuk mahasiswa Hardvard saja, kemudian  memperluas lagi di perguruan Boston, lvy league dan Universitas Stanford.

Situs Facebook ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa Universita lain sebelum di buka untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan akhirnya di peruntukkan kepada setiap orang dengan usia di atas 13 tahun.

Meskipun dengan adanya batasan umur di Facebook, namun ternyata pada tahun 2011 menurut survey Consumer Report, ada sebanyak 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook, dan lebih dari 5 juta anak di bawah 10 tahun. Sehingga hal tersebut melanggar persyaratan dari Facebook tersebut. Mesikipun demikian, sampai pada saat artikel ini di buat, belum ada sangsi apapun untuk akun di bawah 13 tahun.

4. Pengguna Facebook

Menurut studi Compete.com pada bulan Januari 2019 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring social paling banyak di gunakan menurut jumlah pengguna aktif di seluruh dunia, mengalahkan saingannya yaitu twitter. Quantcast memperkirakan Facebook mempunyai 148,6 juta pengunjung perbulan hanya di daerah amerika serikat saja (belum dunia).

Takhayal jika majala time memasukan Mark Zukerbegh sebagai salah satu orang terkaya di dunia dengan asset kekayaan USD 348,5 Milyard. Nah, dari mana Facebook bisa mendapatkan harta segitu banyaknya yang jika Kita mendapatkannya tentu tidak akan habis di makan 7 keturunan. Berikut inil salah satu penghasilan Facebook. Facebook mendapatkan uang dari, periklanan yang di pasang di Facebook, games online, dan lain-lain.

5. Internet Marketing (Bisnis Internet)

Berjalan di tahun 2011 pertumbuhan pasar Facebook mulai turun di sejumlah wilayah dengan hilangnya 6 jt pengguna aktif di Kanada dan Amerika serikat. Meskipun demikan, takpelak Facebook masih di gemari sampai sekarang, apalagi di Indonesia yang hamper 88% pengguna internet memiliki akun Facebook aktif.

6. Asal Nama Facebook

Pada mulanya nama layanan ini berasal dari nama sebuah buku yang di berikan kepada mahasiswa akademik pada tahun pertama oleh beberapa pihak administrasi Universitas di Amerika Serikat, dengan tujuan agar bisa membantu mahasiswa mengenal satu sama lain.

Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan sobat dan bisa mecontoh jiwa kerja keras dan pantang meyerah dari sosok Mark Zukerbergh. Pada artikel selanjutnya saya akan menuliskan tentang cara membuat Facebook. Selamat Berusaha dan semoga berhasil.

7 comments: