Pengertian Email Beserta Manfaatnya dan Situs Penyedia Layanan Email

Email merupakan kepanjangan dari Elektronik Mail yang jika di artikan kedalam bahasa Indonesia adalah Surat Elektronik. Trus Apa bedanya Email (Surat Elektronik) dengan Surat pada umumnya mas? Jika di Tanya seperti itu tentu banyak sekali perbedaan dari keduanya. Salah satu perbedaan yang paling mencolok ialah jikalau kita hendak mengirim surat atau pesan memalui email, tentunya harus terhubung dengan internet. Nah, sedangkan untuk mengirim surat manual seperti biasanya, kita harus menghubungi kantor pos atau jasa pengiriman surat.

Terus Mas, apa keuntungan dari menggunakan Email sendiri? Keuntungan menggunakan email ini tentu banyak sekali, salah satunya bisa mempercepat proses surat sampai pada tujuan dan juga lebih simple, karena Anda tidak perlu lagi untuk datang ke kantor pos dan meminta mengirikan surat yang tentunya ribet dan harus bayar (tidak gratis).

Dan Anda juga bisa membuat facebook dengan menggunakan email jika tidak memiliki nomor handphone sebagai alternative lain untuk ferivikasi akun facebook. Sebenarnya banyak sekali manfaat jika Anda memiliki alamat email selain yang telah saya sebutkan di atas. Untuk lebih lengkapnya Silahkan Anda cari sendiri manfaat dari memiliki email tersebut di google.

Sebelum orang mengenal yang namanya internet dan juga email. Orang mengirim surat dengan cara manual yaitu, dengan menulis di secarik kertas dan meminta tukang pos untuk mengirimnya pada alamat yang kita tuju. Namun, setelah orang sudah mengenal internet dan jaman sudah semakin canggih (berupah) cara manual tersebut perlahan mulai di tinggalkan semenjak di temukannya surat berbentuk elektronik (email) tersebut.

Namun, tidak di pungkiri juga cara manual itu masih di pakai sampai sekarang, semisal untuk mengirim surat kepada orang tinggi (pejabat). Karena jika Anda mengirim dengan memalui email tentu akan di anggap tidak sopan dan mungkin tidak akan di tanggapi oleh pihak yang bersangkutan tersebut. Nah, jika Anda tertarik untuk mengetahui email lebih jauh lagi, baik itu email khusus (untuk perusahaan) yang Anda kelolah maupun untuk email pribadi bisa membaca penjelasanya di bawah ini.

Pengertian Email Beserta Manfaatnya dan Situs Penyedia Layanan Email


Situs Layanan Yang Menyediakan Pembuatan Email

Sebelum Anda membuat email, tentunya harus  mempunyai tujuan harus dari penyedia email yang mana email Anda akan di buat. Terdapat banyak sekali layanan penyedia pembuatan email gratis maupun berbayar di antaranya yang paling terkenal ialah.


Diantara ke empat jasa penyedia layanan email di atas, silahkan Anda pilih salah satunya. Untuk mengetahui lebih jelas tentang layanan penyedia alamat email gratis di atas, bisa lihat penjelasan di bawah ini.

1. Gmail

Kepanjangan dari Google Mail Merupakah sebuah situs layanan penyedia pembuatan email gratis, baik itu email untuk perusahaan maupun pribadi. Anda bisa memilih sendiri sesuai kebutuhan Anda. Layanan penyedia email ini di miliki oleh perusahaan search engine terbesar di dunia yang sering kita gunakan untuk mencari sesuatu atau info di dunia maya, yaitu Google. Ya, perusahaan google lah yang memiliki layanan penyedia email ini, sesuai dengan namanya yaitu, google Mail.

2. Yahoo

Yahoo sendiri merupakan situs layanan penyedia email tertua. Kenapa saya katakana begitu?, karena situs ini sudah lebih popular terlebih dahulu di bandingkan si google mail. Sebelum google mail muncul, situs ini terlebih dahulu merajai dunia penyedia email, namun sekarang sudah mulai tidak popular lagi. Orang - orang perlahan berpindah ke gmail, di karenakan gmail sendiri fungsinya tidak hanya untuk mengirim email namun masih banyak lagi yang lainnya, seperti membuat blog di blogger yang merupakan produk google sendiri dan masih banyak yang lainnya.

3. HotMail

Situs layanan penyedia email gratis ini di miliki oleh Microsft. Jika Anda menggunakan email dari Hotmail sendiri maka, Anda akan bisa login di setiap produk dari microsft, misalnya Anda ingin login pada serch engine bing  yang juga merupakan salah satu produk dari microsft, maka hanya cukup dengan menggunakan email dari Hotmail itu sendiri.

4. FastMail

Untuk situs yang satu ini saya kurang mengetahuinya, di karenakan minimnya informasi dari layanan email fastmail tersebut. Namun, biarpun begitu saya sering menggunakan alamat email dari fastmail ini. Alasanya kenapa mas? Karena menurut saya tampilan dari fastmail yang sederhana dan mudah di akses baik itu dari laptop maupun dari hp, khusunya hp jadul saya yang bermerk Nokia. karena hp merupakan senjata ngeblog saya dari dulu sampai sekarang, maklum orang enggak punya (orang miskin).

Nah, itu di atas adalah sedikit penjelasan tentang email dan situs layanan penyedia email. Semoga bisa menambah wawasan dari kita semua ya, Amin!. Anda bisa menentukan situs penyedia layanan email yang mana yang akan hendak Anda gunakan untuk membuat email sesuai dengan kebutuhan dan keperluan Anda. Selamat Menentukan Pilihanya. Salam Rahasia!

6 comments: