Cara Membuat Blog di Wordpress Gratis Terbaru


Cara Membuat Blog Gratis di Wordpress Gratis TerbaruMembuat blog bisa Anda lakukan dengan menggunakan platfrom apa saja, baik itu secara geratis maupun berbayar (Dengan menyewa hosting dan domain). Sebelum kita lanjutkan ke inti pokok pembahasan membuat blog, saya ingin bertanya. Sebenarnya apasih tujuan Anda membuat blog? Mungkin ada yang tujuan nya ingin di kenal, ingin berbagi, ingin berjualan, dan ingin mendapatkan uang daru blog dan sebagainya. Jujur saja saya pada awalnya membuat blog ingin mendapatkan uang dari blog tersebut. Terlepas dari apa dan bagai mana mendapatka-Nya.

Apapun tujuan Anda dalam membuat blog asalkan itu baik, sah-sah saja. Kata orang jika blog kamu mau bagus dan cepat terkenal, maka kamu harus menggunakan hosting dan domain. Menurut saya, perkataan orang  itu memang tidak ada salahnya, namun tidak seutuhny benar, pasalnya telah saya buktikan dan teliti, kalau-kalau blog biasa saja dan bahkan blog gratisan yang numpang di platform rumah orang bisa menjadi blog sukses dan terkenal, salah satunya adalah blog dari kang Didin Ajidin, dengan nama blog nya “Struktur Kode Blog” yang beralamatkan “strukturkode.blogspot.com”. Kang Didin ini bisa menghasilkan uang ratusan juta perbulannya hanya dari blog gratisanya itu.

Kita tengok lagi blogger Indonesia yang tekenal dan sukses lainnya, yaitu Kang Hengki walaupun hanya bermodalkan blog gratisan, dengan blognya “hengkikristiantoateng.blogspot.com” mampu menghasilkan puluhan juta perbula hanya dari blognya itu. Kalau untuk dunia international atau seluruh dunia, ada satu blog yang unik dan mungkin semua blogger Indonesia yang sudah lama ngeblog tentu akan mengenal dengan blog yang satu ini, yaitu blog Linda Ikeji dengan blognya yaitu “Lindaikeji.blogspot.com” walaupun saat ini dia sudah menggunakan domain dot com, namun pada awalnya dia ngeblog sampai menjadi terkenal dengan penghasilan ratusan juta perbulan hanya menggunakan blog dengan akhiran blogspot.com saja. So, jangan pernah minder walaupun blog Anda hanyalah blog gratisan.

Sebenarnya yang di nilai oleh orang bukanlah blog Anda berbayar atau tidak, melaikan blog Anda terdapat konten / artikel yang bermanfaat atau tidak. Kita kembali kan saja kepada awal tujuannya di buat blog yaitu, hanyalah sebagai tempat shering dan berbagi pengalaman yang Anda punya ke pada orang banyak. Agar bisa membantu dan mungkin bisa menyelesaikan masalah yang orang lain hadapai.

Membuat Blog di Wordpress.com

Jika Anda menggunakan blog dari wordpress.com ini tentu tidak akan teralalu banyak memikirkan masalah HTML dan CSS, melainkan kita hanya di fokuskan untuk membuat konten sebanyak mungkin dan sebermanfaat mungkin, baik itu untuk Anda dan orang lain. Namun, akan sangat berbeda jika Anda menggunakan blog dari blogspot, yang mengharuskan Anda untuk mengetahui masalah HTML dan CSS yang tentunya akan membuat Anda tidak focus menulis. Baiklah Berikut caranya membuat blog di wordpress.com.

1. Langkah pertama adalah, Anda harus masuk ke wordpress.com dulu, silahkan klik link tersebut .

2. Pada halaman utama wordpress, Anda akan di suguhi tulisan yang berbunyi kurang lebih seperti ini “Buat Situs Web Anda Tanpa Biaya”, silahkan Anda langsung saja klik “Buat situs web” yang berwarna biru. Lihat Gambar.

Cara Membuat Blog Gratis di Wordpress Gratis Terbaru


3. Di halaman selanjutnya, maka Anda akan di suruh untuk memilih thema dari blog yang akan kita buat. Silahkan pilih saja thema yang ringan dan sangat simple, agar pada saat orang hendak membuka blog Anda tidak perlu menunggu terlalu lama karena loading blognya cepat (responsive).

Cara Membuat Blog Gratis di Wordpress Gratis Terbaru


4. Selah Anda mengklik thema pilihan Anda, maka Anda akan di bawah pada halaman yang meminta Anda untuk mengisi alamat url blog. Silahkan Anda isikan nama blog yang Anda kehendaki kemudian klik pilih.

Cara Membuat Blog Gratis di Wordpress Gratis Terbaru


5. Maka secara otomatis Anda akan di alihkan pada halaman selanjutnya. Pada halaman ini Anda akan di suruh untuk memilih jenis blog yang hendak di gunakan (berbayar atau tidak berbayar).  Pilih jenis blog yang ingin Anda gunakan, bisa gratis, berbayar, dan mahal. Karena pada tutorial ini saya hanya menuliskan tentang cara membuat blog wordpress yang gratis, maka silahkan Anda pilih saja yang gratis. Lihat Gambar.

Cara Membuat Blog Gratis di Wordpress Gratis Terbaru


6. Pada halaman berikutnya Anda akan di mintakan untuk mengisi data-data sesuai dengan indentitas diri Anda, silahkan isikan saja semua pertanyaan tersebut sesuai dengan identitas Anda, sekali lagi sesuai identitas Anda agar pada saat nanti Anda mengalami kecolongan (kena hack), maka Anda akan dengan mudah mengembalikannya lagi. Lihat Gambar.

Cara Membuat Blog Gratis di Wordpress Gratis Terbaru


7. Jika sudah mengisi semuanya, silahkan Anda klik “Buat Akun”, dengan begitu Anda sudah selesai membuat blog dan hanya tinggal 1 langkah lagi. Lihat Gambar.

Hasil Blog yang sudah selesai di daftarkan, namun belum di konfirmasi emailnya.

Cara Membuat Blog Gratis di Wordpress Gratis Terbaru


8. Langkah terakhirnya dengan melakukan konfirmasi alamat email yang tadi telah Anda daftarkan, dengan cara membuka email Anda. Cari email masuk dari wordpress dan buka, apakah ada link konfirmasi di dalamnya atau tidak, jika ada, langsung saja klik link tautan tersebut.

Cara Membuat Blog Gratis di Wordpress Gratis Terbaru


9. Secara Otomatis setelah Anda mengklik link tautan tadi, maka akan di bawa pada halaman login wordpress, silahkan Anda masukan email atau username dan password sesuai yang telah tadi di daftarkan dan terakhir klik “Log In”, dengan begitu blog Anda sudah jadi dan siap untuk di postingkan artikel sebanyak-banyaknya.

Berikut blog wordpress yang sudah di konfirmasi emailnya.

Cara Membuat Blog Gratis di Wordpress Gratis Terbaru


Tapi Anda harus ingat, blog jangan di gunakan untuk hal-hal yang melanggar hukum dan sebagainya, semisalnya di jadikan tempat koleksi video/foto bo*ep dan sebagainya, karena Anda bisa di tuntuk dan situs blog Anda bisa di hapus oleh pihak yang berwajib. Oke, cukup mudah bukan cara membuat blog di wordpress.com yang gratis, jadi tunggu apalagi? Buat blog Anda sekarang dan galilah bakat menulis Anda sedalam mungkin. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Salam Rahasia!

4 comments:

  1. Kalau menurut saya mas, lebih bagusan blogspot.soalnya bisa di otak atik sesuka hati. seperti wordpress.com yang tiak bisa apa- apa.tapi itu terserah mereka saja yang makek ya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak papa mbak,kan semua orang itu berbeda-beda.

      Delete
  2. Makasih postingannya mas, sangat rinci jadi saya cepat paham.

    ReplyDelete