Cara Membuat Halaman Arsip Blog Berdasarkan Tanggal di Blogspot

Halaman Arsip atau biasa di kenal dengan daftar isi ini merupakan sebuah halaman yang mencatat setiap artikel kita, lengkap beserta tanggal dan tahunnya. Namun, akan sedikit berbeda dengan daftar isi, yang di mana pada halaman daftar isi hanya menyertakan judul artikel, nomor urut dan kategori artikel (tidak menyertakan tanggal dan tahun), sehingga membuat pengunjung/pembaca tidak mengetahui kapan artikel tersebut di buat.

Jika Sobat menggunakan blog dengan hosting sendiri (self hosting), maka cara membuat arsip sedikit rumit di bandingkan dengan menggunakan blogspot. Karena, kita di haruskan untuk menginstall plugin dan lain-lain.

Sedangkan untuk membuat menu arsip dalam sebuah blog yang ber platfrom gratis, seperti blogspot, maka kita hanya perlu memahami sedikit HTML dan CSS dan sedikit mengedit dengan tanpa install plugin ini dan itu, yang akan membuat kita lebih cepat dalam membuat halaman arsip tersebut.

Dan kebetulan, di blogspot sendiri tidak di sediakan untuk menginstall plugin dan sebagainya. Oleh sebab itu, jika kita membuat blog dari platfrom gratis, yaitu blogspot maka kita di wajibkan (bukan sunnah lagi) untuk mengerti dan memahami HTML dan CSS.
Baca Juga : Cara Daftar dan Verifikasi Blog di Situs Alexa
Mengerti dan memahami masalah pemerograman CSS dan HTML itu merupakan hal wajib jika Sobat ingin menjadi seorang blogger professional. Nah, Jika Sobat sudah tahu tentang definisinya arsip, maka sekarang saat nya kita untuk belajar cara membuat halamn arsip tersebut, khususnya blog yang ber platfrom gratis dari google yakni blogspot.com. Untuk Cara-caranya bisa sobat lihat di bawah ini.

Cara Membuat Halaman Arsip Blog Berdasarkan Tanggal di Blogspot

Membuat halaman arsip pada blogspot


Cara membuat halaman arsip dari blogspot dengan membuat halaman arsip di wordpress self hosting sangat jauh berbeda. Sebab cara yang di gunakan untuk membuat halaman arsip pada blogspot sangat simple dan mudah, hanya perlu meletakan scrip kode, edit sedikit dan selesai. Sedangkan untuk membuat halaman arsip pada wordpress, kita di wajibkan untuk install plugin ini dan itu yang pastinya ribet. Nah, berikut ini cara membuat halaman arsip di blogspot dengan mudah.

1. Buka blog sobat yang dari platfrom blogspot.com dan login di dalamnya dengan menggunakan akun google.

Cara Membuat Halaman Arsip Blog Berdasarkan Tanggal di Blogspot


2. Pada halaman Dashboard blog, silahkan sobat buat halaman baru dan beri judul dengan nama “Arsip” atau jika mau di beri nama sesuai dengan selera juga bisa, misalnya, dengan memberi nama judul “Daftar Isi” dan sebagainya.

Cara Membuat Halaman Arsip Blog Berdasarkan Tanggal di Blogspot


3. Copy kode scrip di bawah ini, yang nantinya akan kita letakan pada halaman arsip yang telah kita buat tadi.
<script src="http://post-xml.googlecode.com/files/feed-dates.js" type="text/javascript">
</script>
<script src="http://cumarahasia.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">
</script>

4. Buka halaman Arsip yang tadi di buat, klik "HTML" dan pastekan di dalamnya. Kemudian klik Publish.

Cara Membuat Halaman Arsip Blog Berdasarkan Tanggal di Blogspot


  • WARNING!!! Jangan lupa untuk mengganti http://cumarahasia.blogspot.com dengan alamat url blog sobat.


Selesai, dengan begitu sobat sudah mempunyai halaman arsip pada blog-Nya, lengkap beserta tanggal dan tahun. Cara di atas merupakan cara yang paling mudah dan paling simple yang saya ketahui dan memang sudah tidak ada cara lain lagi untuk membuat halaman arsip, selain yang telah saya jelaskan di atas.

Namun, jika sobat ingin membuat halaman arsip hanya dengan urutan kategori dan tidak mau menggunakan tanggal dan tahun karena tidak ingin di ketahui tanggal pembuatan artikel-Nya dan takut tidak ada yang minat karena sudah lama artikel tersebut (basi).
Baca Juga : Cara Mengetahui Blog Yang Copy Paste Artikel dari Blog Kita
Sobat juga bisa membuat halaman arsip hanya dengan kategori tanpa tanggal dan tahun, caranya pun juga sama hanya di bedakan oleh kode scrip. Berikut ini kode scrip untuk membuat halaman arsip tanpa tanggal dan tahun hanya menggolongkan nya dalam urutan nomor dan kategori.
<script src="https://faisal-fachrueza.googlecode.com/svn/daftar-isi.js" type="text/javascript"></script>
<script src="http://cumarahasia.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=bloggersitemap"></script>
<style>
p.labels a{color: #242424; text-transform: uppercase;font-size: 13px;}
ol li{list-style-type:decimal;line-height:25px;}
.sitemap-link a{color: #242424; font-size: 12px;}
p ol li a{font-weight: bold;}
</style> 
Silahkan sobat ganti http://cumarahasia.blogspot.co.id dengan alamat url blog sobat dan terakhir simpan / publish halamanya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

3 comments:

  1. Di blog saya juga enggak ada menu arsipnya, saya mau nyoba ah, siapa tahu cocok. Trimakasih mas sudah posting hal-hal yang menurut saya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama mbak, selamat mencoba dan semoga berhasil.

      Delete